RUMUSAN TUJUAN, SKENARIO DAN RUMUSAN ALAT
EVALUASI PENGAJARAN
Di ajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perencanaan Pengajaran
dengan dosen pembimbingan mata kuliah Drs. Dadang Hidayat M, M.Pd
Oleh
ARIS YULIANTO 0905552
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011
RUMUSAN TUJUAN
Mata Pelajaran : PENGUKURAN
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi
Alokasi Waktu : 50 Jam X 45 Menit
Jumlah Minggu Efektif : 17 Minggu (Semester 2)
Jumlah Hari Efektif : 109 Hari (Semester 2)
1. Pengetahuan
Dengan mengikuti pembelajaran ini siswa mampu:
a. Mengerti cara Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi
b. Siswa dapat menentukan cara menggunakan alat ukur mekanik presisi dan Memelihara peralatan presisi.
2. Pemahaman
Dengan mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu:
a. Memahami tentang tata cara menggunakan alat ukur yang baik dan benar.
b. Siswa dapat menentukan tata cara pengesetan alat ukur mekanik presisi.
3. Aplikasi
Dengan mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu:
a. Mampu menentukan penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur sesuai dengan ISO
b. Mampu menggunakan alat ukur presisi dan membaca skala yang ada pada alat ukur presisi tersebut.
RUMUSAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Adapun alat untuk mengukur apakah indikator yang terdapat dalam skenario pembelajaran dapat tercapai atau tidak, yang dirasa paling sesuai dengan indikator-indikator diatas adalah dengan menggunakan Test Tertulis.
Test Tertulis terdiri dari dua jenis soal, yaitu:
1. Menentukan ukuran benda kerja dengan menggunakan alat ukur presisi.
2. Menyebutkan tata cara memelihara alat ukur presisi sesuai dengan prosedur.
1. Menentukan ukuran benda kerja dengan menggunakan alat ukur presisi.
Dalam Test ini, siswa diberikan soal yang didalamnya sudah terdapat jenis-jenis benda kerja dengan skala ukuran yang berbeda. Siswa diminta untuk menentukan skala ukuran yang ada pada soal berupa gambar alat ukur presisi.
2. Menyebutkan tata cara memelihara alat ukur presisi sesuai dengan prosedur.
Dalam soal ini, siswa diperintahkan untuk mendeskripsikan bagaimana cara memelihara alat ukur presisi sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : PENGUKURAN
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi
Alokasi Waktu : 50 Jam X 45 Menit
Jumlah Minggu Efektif : 17 Minggu (Semester 2)
Jumlah Hari Efektif : 109 Hari (Semester 2)
No.
|
Semester
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Tgl. Pelaksanaan KBM
|
Pertemuan Ke
|
1
|
1
|
Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi
|
1. Menjelaskan cara menggunakan alat ukur mekanik presisi
|
§ Peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan dapat dipilih.
§ Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan.
§ Pengukuran secara akurat sampai graduasi terkecil dari suatu instrumentasi dapat dilaksanakan.
§ Hasil pengukuran diinterpretasi secara benar dan akurat.
|
15 x @45 menit
|
1-5
| |
2
|
2. Menggunakan alat ukur mekanik presisi
|
§ Pengidentifikasian prosedur pengesetan peralatan pembanding
§ Pengdentifikasian sppesifikasi peralatan yang akan diset
§ Pengidentifikasian perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
§ Penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur
|
21 x @45 menit
|
6-12
| |||
3
|
3. Memelihara peralatan presisi
|
§ Pengidentifikasian penyetelan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
§ Penyetelan dan perawatan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
§ Penerapan prosedur penyimpanan peralatan pengukur mekanis presisi
§ Pengidentifikasian spesifikasi peralatan pengukur mekanis presisi
|
15 x @45 menit
|
12-17
|
PROGRAM SEMESTER
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN
Mata Pelajaran : PENGUKURAN
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi
Alokasi Waktu : 50 Jam X 45 Menit
Jumlah Minggu Efektif : 17 Minggu (Semester 2)
Jumlah Hari Efektif : 109 Hari (Semester 2)
Semester 1
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Alokasi
|
Diberikan pada bulan/ minggu ke
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
| |||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||||||||
1
|
Menjelaskan cara menggunakan alat ukur mekanik presisi
|
UT
S
|
UAS
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Menggunakan alat ukur mekanik presisi
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Memelihara peralatan presisi
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Libur semester
|
Pekan remedial
| ||
Materi disampaikan
|
Pembagian raport
| ||
Ujian (UTS, UAS, UAN)
|
Rumusan Program Semester
Program semester yang diberikan untuk kelas 10 pada semester dua dengan standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi dengan bobot waktu 3 X @ 45 menit setiap pertemuannya.
Dari data yang kami peroleh dari sumber berupa silabus dan spectrum SMK YPSA SUMEDANG untuk standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi dialokasikan waktu pembelajaran sebanyak 50 jam/semester. Pada semester ini dari jumlah jam per minggu yang sebanyak 3jam X @45 menit, diperoleh jumlah pertemuaan yang ideal sebanyak 17 pertemuan (50 jam dibagi 3jam/pertemuaan). Berdasarkan jadwal yang telah diatur oleh pemerintah, waktu pembelajaran siswa pada semester 2 kelas 10 mata pelajaran Pengukuran tidak mengalami suatu kendala yang berati. Dapat dikatakan bahwa jadwal yang ditetapkan sekolah sesuai dengan jadwal efektif yang ditetapkan oleh pemerintah.
Standar Kompetensi : Mengukur dengan alat ukur mekanik presisi
Kompetensi Dasar : menjelaskan cara menggunakan alat ukur mekanik presisi
Indikator : Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan pada level kognitif tingkat pemahaman. Adapun materi pembelajaran (sub indikator) yang harus dikuasai/dipahami oleh siswa diantaranya :
1. Siswa dapat menyebutkan teknik pengukuran yang benar dan tepat.
2. Siswa dapat menyebutkan pengertian skala nonius dan skala utama.
3. Siswa dapat menunjukan perbedaan antara skala utama dan skala nonius.
4. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis teknik pengukuran yang benar dan tepat.
5. Siswa dapat menggunakan alat ukur mekanik presisi dengan tepat dan benar.
Sub Indikator
1. Siswa dapat menyebutkan teknik pengukuran yang benar dan tepat
Setelah memperlihatkan alat ukur mekanik presisi secara langsung siswa dapat menyebutkan teknik pengukuran yang benar dan tepat.
a. Audience : Siswa
b. Behaviour : alat ukur mekanik presisi
c. Condition: Memperlihatkan alat ukur secara langsung
d. Degree: Menyebutkan teknik pengukuran yang benar dan tepat.
2. Siswa dapat menyebutkan pengertian skala nonius dan skala utama
Setelah memperlihatkan alat ukur mekanik presisi siswa dapat menyebutkan pengertian skala nonius dan skala utama.
a. Audience : Siswa
b. Behaviour : alat ukur mekanik presisi
c. Condition: memperlihatkan alat ukur secara langsung
d. Degree: menyebutkan pengertian skala nonius dan skala utama
3. Siswa dapat menunjukan perbedaan antara skala utama dan skala nonius
Setelah memperlihatkan alat ukur mekanik presisi secara langsung siswa dapat menunjukan perbedaan antara skala utama dan skala nonius.
a. Audience : Siswa
b. Behaviour : alat ukur mekanik presisi
c. Condition: Memperlihatkan alat ukur secara langsung
d. Degree: menunjukan perbedaan antara skala utama dan skala nonius.
4. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis teknik pengukuran yang benar dan tepat
Setelah memperlihatkan alat ukur mekanik presisi secara langsung siswa dapat menyebutkan jenis-jenis teknik pengukuran yang benar dan tepat.
a. Audience : Siswa
b. Behaviour : alat ukur mekanik presisi
c. Condition: Memperlihatkan alat ukur secara langsung
d. Degree: Menyebutkan jenis-jenis teknik pengukuran yang benar dan tepat.
5. Siswa dapat menggunakan alat ukur mekanik presisi dengan tepat dan benar
Setelah memperlihatkan alat ukur mekanik presisi secara langsung siswa dapat menggunakan alat ukur mekanik presisi dengan tepat dan benar.
a. Audience : Siswa
b. Behaviour : alat ukur mekanik presisi
c. Condition: Memperlihatkan alat ukur secara langsung
d. Degree: menggunakan alat ukur mekanik presisi dengan tepat dan benar.
Soal evaluasi
1. Untuk mengukur dimensi 1/10 mm atau 0,1 mm, maka alat ukur yang tepat kita gunakan adalah ….
2. Untuk mengukur kedalaman sebuah lubang yang presisi diperlukan alat ukur yang tepat yaitu ….
3. Untuk mengukur dimensi dengan tingkat ketelitian 1/100 mm atau 0,01 mm, maka alat yang harus digunakan adalah ....
4. Hasil pengukuran micrometer dengan ketelitian 0,01 mm yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ....
5. Perhatikan gambar skala pada jangka sorong berikut.
Jika jangka sorong di atas memiliki tingkat ketelitian 0,05 mm. gambar di atas terbaca ukuran sebesar ….
|
6. Hasil pengukuran micrometer dengan ketelitian 0,01 mm yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ….
7. Bagian micrometer yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar di samping, berfungsi sebagai ….
8. Perhatikan gambar skala pengukuran mistar sorong berikut ini. Pada gambar terbaca ukuran sebesar ….
9. Hasil pengukuran micrometer dengan ketelitian 0,01 mm yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ….
10. Bagian micrometer yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar di samping, berfungsi sebagai ….
11. Pengukuran mistar ingsut yang ditunjukkan oleh gambar di samping, berfungsi untuk mengukur ....
12. Bagian micrometer yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar di samping, berfungsi sebagai pengunci ....
13. Hasil pembacaan mistar sorong dengan ketelitian 0,05 mm seperti gambar di bawah ….
14. Alat yang digunakan untuk mengukur diameter tusuk ulir adalah ….
Jawaban
1. Caliper/ jangka sorong
2. Micrometer dalam
3. Micrometer
4. 63,13 mm
5. 15,85 mm
6. 19,23 mm
7. Poros ukur
8. 9,32 mm
9. 63,13 mm
10. rachet
11. ketebalan
12. landasan
13. 27,75 mm
14. mal ulir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar